Sabtu, 09 April 2016

KOMPUTASI GRID

Grid komputasi adalah suatu system komputasi yang terdistribusi yang memungkinkan seluruh sumber daya dalam jaringan membentuk suatu system. Awal terbentuknya komputasi grid dimulai dengan distributed computing, yaitu mempelajari penggunaan komputer secara terkoordinasi yang secara fisik  terpisah atau terdistribusi.  Seperti halnya pengguna internet yang mengakses berbagai situs web dan menggunakan berbagai protokol seakan-akan dalam sebuah sistem yang berdiri sendiri, maka pengguna aplikasi Grid computing seolah-olah akan menggunakan sebuah virtual komputer dengan kapasitas pemrosesan data yang sangat besar.

Beberapa konsep dasar dari grid computing :

  •  Sumber daya dikelola dan dikendalikan secara lokal.
  • Sumber daya berbeda dapat mempunyai kebijakan dan mekanisme berbeda, mencakup Sumber daya komputasi dikelola oleh sistem batch berbeda, Sistem storage berbeda pada node berbeda, Kebijakan berbeda dipercayakan kepada user yang sama pada sumber daya berbeda pada Grid.
  •   Sifat alami dinamis: Sumber daya dan pengguna dapat sering berubah
  •   Lingkungan kolaboratif bagi e-community (komunitas elektronik, di internet)
  • Tiga hal yang di-,sharing dalam sebuah sistem grid, antara lain : Resource, Network dan Proses. Kegunaan / layanan dari sistem grid sendiri adalah untuk melakukan high throughput computing dibidang penelitian, ataupun proses komputasi lain yang memerlukan banyak resource komputer.


Sumber: http://nasyasora.blogspot.co.id/


TikaNesia-Jasa Pembuatan Website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar