Sabtu, 09 April 2016

NoSQL Database

Database NoSQL adalah database yang tidak menggunakan realasi antar tabel dan tidak menyimpan data dalam format tabel kaku (kolom yang fix) seperti layaknya Relasional Database.

Pengelompokan database noSQL

Secara umum, database noSQL dibagi menurut format penyimpanan dokmentnya . Berikut ini adalah pengelompokan database noSQL berdasarkan model (penyimpanan) datanya

  1.        Document Database contohnya MongoDB, seiap satu object data disimpan dalam satu  dokumen. Dokumen sendiri bisa terdiri dari key-value, dan value sendiri bisa berupa array  atau  key-value bertingkat.

2          2. Graph , Format penyimpanan data dalam struktur graph. Format ini sering dipakai untuk data               yang saling berhubungan seperti jejaring social. Contoh database noSQL dengan format ini                 adalah Neo4J dan FlockDB. FlockDB dipakai oleh twitter.
3          3. Key – Value,  contoh database jenis ini adalah Apache Cassandra.
4          4. Object Database. Format database yang disimpan dalam object object, Object disini sama                     dengan pengertian object di Pemrograman beroreintasi object , Contoh databasenya adalah                   Db4o.
5          5. Tipe lainnya adalah tabular, tuple store dan berbagai jenis lain yang tidak terlalu populer.


Sumber: http://www.candra.web.id/pengantar-database-nosql-dan-mongodb/


TikaNesia-Jasa Pembuatan Website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar